Rabu, 21 September 2011


CONTOH TEKS PIDATO  Babahasa Indonesia
Tema : Dengan Semangat Bulan Bahasa Kita Tingkatkan Pemakaian Bahasa Indonesia Yang Santun


Assalamualaikum wr. wb.
Yang Terhormat Dewan Juri,
Yang kami hormati, Bapak Ibu Guru,
yang kami banggakan para peserta lomba pidato Bahasa Indonesia,
dan yang kami  sayangi  para siswa SMP  Negeri 2 Kepanjen.

          Dalam kesempatan ini marilah  kita panjatkan puji syukur ke hadirat Alloh Subhanahu wa Ta’Alla oleh karena berkat  limpahan taufik, rohmat, dan hidayah-Nya semata maka pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dengan sehat wal afiat. Kemudian sholawat serta salam marilah kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Sololohi Alaihi wa ssalam sebagai nabi akhir  jaman.
          Dewan juri, dan hadirin, pada kesempatan ini kami akan menyampaikan pidato singkat  kami yang bertemakan Dengan Semangat Bulan Bahasa Kita Tingkatkan Pemakaian Bahasa Indonesia Yang Santun. Namunsebelum kami  membahas tema tersebut perkenankanlah kami mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada SMP  Negeri 2 Kepanjen karena tepat pada tanggal 24 September  nanti  adalah hari ulang tahunnya.
          Sekarang ini kita berada di bulan September, maka bulan depan kita akan memasuki bulan Oktober, adalah bulan yang didalamnya ada peristiwa yang cukup penting, yaitu kegiatan Bulan Bahasa. Bulan  di mana kita seharusnya menggunakan Bahasa Indonesia ini dengan baik dan benar.
           Dewan juri, dan hadirin, Bangsa Indonesia adalah bangsa timur yang terkenal sebagai bangsa yang ramah tamah dan sopan santun. Maka dari itu dalam hal berbahasa kita juga harus menjunjung tingi azas sopan dan santun, apalagi kita sebagai seorang pelajar maka kita harus menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga harus santun.
           Hadirin yang terhormat, sering kita dengar dan kita saksikan seseorang berbicara dengan kasar, bahkan dalam tayangan televise, pada acara dialog interaktif misalnya ada tokoh yang berbicara dengan kasar  ini sebagai contoh pemakaian bahasa Indonesia yang tidak Santun. Bahkan dalam acara unjuk rasa yang dilakukan para pelajar atau mahasiswa banyak kita jumpai tulisan maupun ucapan yang berupa umpatan maupun  ungkapan yang kasar ini pun sebagai contoh penggunaan bahasa Indonesia yang tidak santun.
           Bahasa yang santun itu adalah yang pilihan kata-katanya berkonotasi positif yang diistilahkan bermakna ameliyorasi dan diucapkan dengan sopan  sesuai dengan cirri khas budaya kita. Suatu contoh kata penjara, babu, kui, itu adalah kata-kata yang kurang santun, yang santun adalah lembaga pemasyarakatan, pramu wisma dan  karyawan.
          Hadirin yang berbahagia, memngingat keterbatasan waktu dalam acara ini maka kami tidak bisa memberikan contoh yang lebih banyak lagi, Pembahasan mengenai tema ini bisa kita simak dalam pelajaran yang disampaikan Bapak ibu Guru bahasa Indonesia pada saat pelajaran, oleh sebab itu marilah selalu kita perhatikan dalam setiap kesempatan pada pembelajaran bahasa Indonesia.
         Di samping itu marilah kita selalu berusaha menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta santun. Kiranya  pidato kami ini kami cukupkan sampai di sini, mohon maaf atas segala kesalahan, jika ada sumur di lading bolehlah kita menumpang mandi, jika ada umur panjang bolehlah kita bertemu kembali. Wassalamu alaikum wr wb.