Minggu, 24 Juli 2011


MENUNTUT ILMU ITU TANPA BATAS

 Assalamu ‘alaikum warohmatullahi wabarokaatuh,

SMP Negeri 2, apa kabar?
Jawabnya : Sukses, luar biasa!
Para pembaca “Arena” yang setia, khususnya siswa kelas IX, bulan Maret semakin dekat, rasa gelisah semakin nyata, was-was rasanya menghadapi UNAS serasa belum siap jua.
Pada bulan Desember tahun lalu telah dilaksanakan Try Out I, hasilnya sangat kurang menggembirakan, jangan bersedih jangan menangis walaupun hal itu menyebabkan posisi terlempar jauh dan terpisah dari teman sebangku pada saat mengikuti bimbel.
Yang seharusnya dilakukan adalah justru menjadi pemicu semangat belajar dengan sungguh-sungguh dan mengikuti bimbel tanpa rasa enggan dengan semboyan “ Sendiri saya bisa.”

Penuh percaya diri menghadapi UNAS adalah modal untuk lulus dan sukses.Lulus adalah tujuan utama. Namun bagaimana kelanjutannya? Lulus ujian bukanlah akhir tujuan dalam menuntut ilmu tetapi hanyalah merupakan tataran anak tangga dalam meniti menunaikan kewajiban menuntut ilmu.

Anak-anakku yang baik,
Hampir setiap orang mengerti dan mengetahui tentang kepentingan dan perlunya mencari ilmu. Kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk menuntut ilmu tiada terbatas selama ilmu itu membawa kemaslahatan. Kemudian dari ilmu yang kita miliki itu diharapkan menambah keyakinan dan kemampuan meningkatkan pengabdian terhadap Allah. Dan dengan ilmu ini
kita mampu menghimpun kekuatan ilmu untuk meraih kesejahteraan dan kebahagiaan yang nyata. Hal ini sesuai Firman Allah dalam Al Baqarah : 164
Yang artinya: “Bahwasanya kejadian langit dan bumi serta pergantian, siang dan malam, sungguh terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berpikir

Terkait hal di atas bagi siswa kelas IX merupakan dorongan moral untuk memilih melanjutkan
sekolah setelah lulus UNAS yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2010. Kiranya tidak ada alasan mengapa kita tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus UNAS nanti. Yang demikian ini maka akan menjadi cambuk bagi kita siswa kelas IX untuk lebih giat belajar agar bisa lulus UNAS 2009-2010 nanti sebagai modal untuk dapat menuntut ilmu

Kemudian dalam menuntut ilmu itu kita tidak dibatasi mengenai waktunya. Selama kita hidup di dunia ini kita masih punya kewajiban untuk menuntut ilmu. Kiranya ilmu yang kita peroleh di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama ini masih sangat perlu kita kembangkan. Kalau perlu kita akan terus menuntut ilmu hingga di akhir hayat, tak terbatas oleh waktu dan tempat. Ini sesuai dengan hadts Nabi Muhammad saw.
Artinya Carilah ilmu mulai dari asuhan sang ibu, hingga masuk liang kubur.

Di samping itu kita juga diwajibkan mencari ilmu bukan hanya ilmu pengetahuan tentang agama saja, melainkan ilmu pengetahuan apa saja yang membawa kemaslahatan dan berguna bagi manusia dalam hidup dan kehidupan di dunia ini selama tidak bertentangan dan merusak akidah Islam.

Hal ini seperti dinyatakan dalam Hadits Rasulullah Muhammad saw.
Yang artinya:Carilah ilmu pengetahuan sekalipun adanya di Negeri Cina. Bahwasanya mencari ilmu wajib bagi semua pemeluk islam” (hadits riwayat Ibnu Abdul Bari).

Demikian yang dapat Bapak sampaikan berkenaan dengan MENUNTUT ILMU TANPA BATAS melalui surat dari Bapak. Marilah kita memohon diberi taufik dan hidayah oleh Allah SWT agar kita dapat melaksanakan kewajiban berkaitan dengan menuntut ilmu, dan menjauhi segala larangan-Nya termasuk malas dan enggan belajar dan menuntut ilmu. Semoga Allah SWT
mengabulkan permohonan kita lulus 100 %. Dengan diiringi Do’a semoga SMP Negeri 2 bisa! Tak lupa Bapak mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan.